Andrias Harefa - LeaderSHIFT Trainer and Coach

Info: 021-2210 3478; Manager: 0815 8963 889

Andrias Harefa - LeaderSHIFT Trainer and Coach

Cataha #11: Semangat

Articles

Horeee… hari baru lagi kawan. Ayo hidupkan semangatmu dan semangati hidupmu (ini minjem dari mas Agung Adiprasetyo, mantan CEO Kelompok Kompas Gramedia yang keren itu lho, tahu kan?). Kalimat barusan itu kuingat karena jeng Dewi, kawan yang tinggal di Depok, mengomentari catatanku begini: “Bang, aku kagum dengan semangatmu di usia segitu masih mau lari puluhan kilometer”. Lha lhi lhu lhe lho, semangat kok dikaitkan sama usia. Weleh weleh weleh.

Karena yang ngomong perempuan asli Yogya, maka jawabku, “Gini ya jeng, semangat itu kudu dijaga di usia berapa pun njih. Mumpung semangat itu gratis… tis… tis… Jadi jangan kalau umur sudah kepala lima terus semangatnya mengkeret. Juga mumpung Tuhan beri anugerah bahwa semangat bisa kita putuskan sendiri, nggak perlu nunggu perusahaan bayar gaji baru semangat; nggak perlu punya rumah dan mobil mewah dulu baru semangat; nggak perlu jadi selebritas dulu baru semangat; nggak perlu menikah dulu baru semangat (Uhuy yang jomblo ikut seneng nih); nggak perlu semua itu. Putuskan saja dengan mantap dan bilang pada diri sendiri, “Hari ini aku bersemangat”. Setelah itu bergeraklah seperti orang bersemangat. Act enthusiastically you will be enthusiastic. Orang bilang itu sugesti diri, boleh. Ada yang bilang itu self hypnosis, monggo. Ngono jeng.”

“Halaah kowe ki pancen motivator, pinter nyemangati wong. Wis aku tak masak ndisik yo,” tanggap ibu dari dua gadis manis yang beranjak dewasa itu mengakhiri chat-nya.

Eh ngomong-ngomong kalau aku yang umurnya kepala lima masih mau lari 10 km (terus mau nyoba 21 km dan siapa tahu nanti bisa marathon 42 km), masih bisa menyemangati diri, masa pembaca yang umurnya lebih muda sudah ikut barisan loyodotcom? Malu dong akh… Ayo hidupkan semangatmu dan semangati hidupmu yang cuma satu kali ini (bagi yang tak percaya reinkarnasi berlaku pesan Khairil Anwar “sekali berarti sudah itu mati”).

Tabik lari 🏃

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *