Andrias Harefa - LeaderSHIFT Trainer and Coach

Info: 021-2210 3478; Manager: 0815 8963 889

Andrias Harefa - LeaderSHIFT Trainer and Coach

Cataha #9: Kebersamaan

Articles

“Ntar klo lari rame-rame pasti bisa 10 km kok kak. Kebersamaan itu menguatkan,” respon Ted Samuel atas catatan 8 kemarin pagi. Entah kenapa dia panggil aku “kak”. Mungkin dia memang lebih muda, atau mungkin nggak mau dianggap tua hahaha … Om Sudarso menimpali (kupanggil om supaya dia terkesan tua dan aku mudaan hahaha), “Sesudah 4 km ke 10 km akan lebih nyaman….. ops ternyata naik ojek.” huahaha … Kok kemarin aku nggak kepikiran ya.

Dua-duanya bisa benar. Ted Samuel mungkin tahu dari pengalaman bahwa kebersamaan itu menguatkan (walau akibat setelah itu tetap tanggung masing-masing lho yaa). Dalam ilmu motivasi ada dalil ini: kebersamaan dalam kelompok akan memotivasi. Sebatang lidi mudah dipatahkan, tapi ratusan lidi tidak gampang dipatahkan, bukan? Sebuah arang yang menyala akan cepat padam, tetapi puluhan arang yang menyala menimbulkan kehangatan yang lebih bertahan lama. Aku ingat waktu naik gunung dulu selalu bersama kawan-kawan yang membuat bisa sampai ke puncak. Juga kalau lagi acara gotong royong membersihkan lingkungan, orang malas pun bisa ikutan rajin sebentar.

Om Sudarso juga benar. Benar-benar kreatif. Kalau tujuannya mencapai 10 km dan ternyata kuatnya baru 4 km, yaaa sementara nyambung ojek saja biar kawan-kawan yang sudah disana nggak nunggu kelamaan hehehe. Hanya saja tujuannya berarti bukan lari 10 km, tetapi mencapai 10 km dengan cara kreatif. Nampaknya kawan yang satu ini pengalaman kreatifnya lebih banyak dari pengalaman larinya (wah kok aku mulai menuduh ini hahaha pizzzz… om).

So, terima kasih dik Ted Samuel dan om Sudarso atas tanggapannya (Eh kalian berdua ikutan acara itu nggak sih?). Nanti di hari H, aku akan kombinasikan keduanya. Saohagolo!

Tabik lari!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *